Sabtu, 28 Agustus 2010

Damar Kurung


Nama : Frida Nur Hidayatul I
Kelas : X-4
No.Absen : 10


Keunikan Gagasan :
Meski banyak berbagai jenis mainan modern seperti robot-robotan

Keterangan :
Meski banyak berbagai jenis mainan modern seperti robot-robotan, mobil-mobilan yang menggunakan remote control. Namun keberadaan mainan tradisional damar kurung, jenis lampion terbuat dari kertas minyak dan bambu yang berputar dengan aneka hiasan diterangi nyala api lilin tetap tidak pernah tergeser oleh kemajuan zaman. Terutama pada saat menyemarakan Le­ba­ran tahun ini, mainan tradisional damar ku­rung tetap senantiasa hadir di tengah ma­sya­ra­kat Pe­kalongan. Permainan tradisional ini ma­sih tetap eksis dan mampu bertahan hingga sekarang. Faizun warga Kali Pucang Pekalongan mengakui, membuat mainan tradisional damar kurung sudah bertahun-tahun.

Namun seiring perkembangan zaman, damar kurung yang dibuat disesuaikan dengan kemauan pasar. Sehingga tidak hanya membuat damar kurung jenis komedi putar saja, tetapi perlu inovasi membuat replika seperti pesawat terbang, helikopter hingga kapal laut.

“Inovasi baru ini untuk memenuhi keinginan anak-anak sekarang yang dipengaruhi mainan modern, sehingga bisa memberikan daya tarik kepada anak-anak maka pembuatan damar kurung perlu dilakukan penemuan-penemuan baru,’’ katanya.

Faizun cukup menyiapkan bambu untuk membuat damar kurung. Bambu itu diiris-iris untuk membuat sebuah kerangka, kemudian diisi aneka jenis gambar setelah gambar-gambar terpasang dibalut kertas minyak aneka warna. Pada poros diberi tempat lilin yang diikat kawat.

Nostalgia
Dikatakan Faizun, untuk sebuah damar kurung dijual Rp 20.000 ukuran besar. Sedangkan untuk ukuran relatif kecil hanya Rp 10.000. Harga itu, masih bisa ditawar.

Damar kurung biasanya dijual di sekitar pasar serta tempat-tempat keramaian untuk menarik pembeli. Sedangkan pembelinya tidak terbatas pada anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Sebagian orang tua yang membeli damar kurung, mereka bisa mengenang masa bahagia waktu kecil. Sehingga keberadan damar kurung di depan rumah bisa memberikan inspirasi untuk nostalgia.

Damar kurung biasa digantung di depan rumah. Namun sekarang, banyak yang menggantikan api lilin dengan lampu listrik. Suasana Lebaranpun di kampung-kampung di kota Pekalongan menjadi meriah.
Lebaran tak lengkap tanpa hiasan damar kurung di depan rumah warga. Karena menambah suasana menjadi hidup pada malam hari. Hal ini yang mejadikan lampion tradisional itu masih tetap bertahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.