Sabtu, 28 Agustus 2010

Songkok Gresik


Nama : Yurotul Isma
Kelas : X-4
No.Absen : 38


Keunikan Gagasan :
songkok itu sangat unik, banyak sekali keunikan dengan corak-corak yang menarik

Keterangan :
Sebagai sebuah daerah yang dikenal dengan sebutan kota santri dan wilayah dakwah “wali” kehidupan yang mencitrakan perilaku dan budaya masyarakat muslim sangat kental, demikian juga kopyah/songkok yang menjadi simbol dan karakternya kemudian tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan kreatifitas masyarakat yang ada didalakmnya, bahkan songkok menjadi salah satu produk kerajinan daerah yang gebyarnya mampu menjangkau wilayah budaya dan tradisi nasional.
Kerajinan KOPYAH ini dibuat dari bahan dasar yang meliputi; Beludru, kertas, kain saten, benang, kain kardilak, kain kasa, kain krawang, dan plastik, bahan baku kopyah ini diperoleh dari Gresik dan Surabaya. Beberapa produk yang kapasitas produksinya mencapai 20-30 kodi/hari ini meliputi: Songkok Polos, Songkok AC, Songkok kembang Sogu dan Komputer.
Pangsa pasar produk ini mampu mencapai pasar internasional seperti Brunei Darussalam, Saudi Arabia, Kuwait, dan Malaysia. Sedangkan pangsa pasar dalam negeri meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, Bali, dan Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.