Sabtu, 28 Agustus 2010

batik


nama : khoirun nisa' efendi
kelas : x-4
no.absen : 15


kata "batik" adalah berasal dari Indonesia, meskipun konsep ini dikenal dengan Mesir dan India. Hal ini dikenal lebih dari satu milenium tua, dan ada bukti yang dihiasi kain melalui beberapa bentuk menolak teknik digunakan di awal abad ke AD beberapa di Afrika Barat, Timur Tengah dan masyarakat Asia.

KEUNIKAN GAGASAN

Teknik "batiking" ini mirip dengan salah satu gambar atau lukisan pada selembar kain. Alat utama, canting ('tjanting'), digunakan dalam staed dari pensil atau kuas, dan lilin cair

Pada abad ke-17, kesultanan Jawa Mataram diberikan fungsi seremonial penting untuk pakaian Batik. Sultan Agung Mataram dikenal memiliki berpakaian katun putih dihiasi dengan Indigo biru, dan penari istana mengenakan kain Kembangan diwarnai dengan pewarna organik merah.

Selama batik dua atau tiga abad terakhir telah menjadi salah satu sarana utama ekspresi spiritual dan nilai-nilai budaya Asia Tenggara. Keindahan Batik merupakan penghargaan untuk kesabaran, kreativitas perempuan Jawa, pulau utama di Indonesia.. Kredit harus juga diberikan kepada orang-orang yang mempersiapkan kain dan menangani proses pencelupan dan finishing kebanggaan Indonesia untuk memakai batik sampai hari ini telah melestarikan seni tekstil.

KEUNIKAN TEKNIK

Pertama di buat diesen halus rinci yg dibuat dengan pensil pada tekstil Kemudian lilin cair panas diterapkan dengan canting (tjanting), (sebuah wadah tembaga kecil dengan moncong panjang dan ramping). pukulan pada ujung canting untuk mengamankan arus mudah lilin. Kain ini kemudian disalurkan melalui tong dari pewarna lilin ini dihapus dengan air panas, dikorek dari bagian bahan kering masih harus dicelup Bagian-bagian yang tertutup oleh lilin tidak menyerap pewarna dan karenanya tetap putih (atau apa pun warna kain asli sebelumnya dyied). Sejak lilin berperilaku sebagai media menolak, proses ini disebut proses menolak-dye.

Sebuah canting dengan lebih dari satu cerat (bisa sampai tujuh) digunakan untuk pola dengan bentuk dot. Pada dasarnya, sebagai seni, batiking adalah lukisan. canting ini digunakan untuk menghasilkan gambar, ukuran yang tergantung pada jenis dan derajat kehalusan garis atau titik yang diinginkan

KETERANGAN

Kata Batik berasal kata Idonesian-Malaysia dan berarti titik. Ini seni tekstil tersebar di dunia hindu dan Malaysia, namun Indonesia tentu saja merupakan jantung dari cara Batik, mewarnai tekstil telah mencapai tingkat yang lebih tinggi keunggulan di Pulau Jawa, di kota-kota seperti Solo, Yogyakarta, Pekalongan atau Cirebon. Dari Jawa ini 'kain batik' diekspor ke pulau-pulau lainnya di kepulauan ini dan ke semenanjung Malay.

Meskipun proses menghias kain melalui proses batik ditemukan di beberapa daerah di Afrika atau India dan bahkan di beberapa negara Asia Timur Selatan, batik Indonesia adalah unik dan tiada bandingnya Batik. Indonesia dibuat di beberapa daerah, tapi pusat seni adalah Jawa Tengah, di kota-kota seperti Yogyakarta, Solo, Cirebon, Pekalongan dan Indramayu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.