Minggu, 22 Agustus 2010

SONGKOK CHENG - HO


NAMA : ANISAH NURUL H
KELAS : X - 3
NO.ABS : 05

SENI TERAPAN


              Di daerahku, banyak pengrajin yang membuat seni terapan , seni tersebut merupakan seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. Dan seni ini sangat memperhatikan fungsi dari pada keindahannya. Contohnya itu , peci atau songkok , peci itu biasanya berbalut kain hitam saja , tapi dengan adanya perkembangan zaman, peci tersebut tidak hanya berbalut kain hitam saja. Tetapi juga ada songkok soga , songkok garmet , songkok cheng-ho dan lain – lain. Jadi songkok sekarang itu memperhatikan fungsi dan keindahannya juga. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa , seni terapan sekarang ini juga memperhatikan keindahannya.

Keunikan songkok cheng - ho


Songkok , merupakan sebuah benda yang digunakan untuk sembahyang ( sholat ) oleh orang islam. Bagi tentara Brunai Darussalam dan Malysia , mereka menggunakan songkok untuk upacara – upacara tertentu.


Bagi kalangan orang Islam di Nusantara, songkok menjadi pemakaian kepala yang resmi ketika menghadiri upacara-upacara resmi seperti upacara perkawinan, salat Jumat, upacara keagamaan dan sewaktu menyambut Idul Fitri dan Idul Adha. Songkok juga dipakai sebagai pelengkap kepada baju Melayu yang dipakai untuk menghadiri majelis-majelis tertentu.


Biasanya, songkok dibuat lonjong seperti bentuk oval , tetapi berbeda dengan songkok cheng ho ini. Songkok ini dibuat seperti lingkaran, dan terdapat motif china disongkok tersebut. Yaaa … karena Cheng-ho sendiri diambil dari seorang nama kaisar dari China yang beragama muslim. Konon, dulu songkok ini mirip dengan topi yang digunakan oleh pejabat china dulu.


Keunikan teknik songkok - cheng ho


Seperti yang telah dikatakan di atas, songkok ini berbentuk lingkaran. Dan terdapat bagian yang menggunung di bagian tengah pada songkok ini. Kemungkinan, songkok ini memiliki ketinggian ±10 cm. Juga motif atau desain menarik yang mengelilingi songkok ini. Terdapat bermacam – macam songkok cheng-ho. Tetapi ini adalah dua contoh songkok chengiho,yaitu :Cheng ho kombi dan Cheng ho putih.

GAMBAR - GAMBAR SONGKOK CHENG-HO :

songkok cheng - ho
songkok cheng - ho putih
songkok cheng ho kombi
songkok cheng - ho
GAMBAR - GAMBAR BERBAGAI SONGKOK :

songkok polos

songkok motif soga
songkok motif soga
songkok
songkoksongkok
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.