Minggu, 22 Agustus 2010

Kerajinan Songkok Gresik


Nama:Devi Ratna Savitri
Kelas:x-1
No :11

Kerajinan Songkok Gresik



Keunikan Gagasan:

Gagasan atau ide berkarya seni terapan dapat berupa pertama, ide atau gagasan awal yaitu sebelum tahu atau melihat media-media dicipta bentuknya terlebih dahulu, perlu diketahui bahwa media ( bahan atau alat ) menyesuaikan dari ide. Kedua , ide atau gagasan setelah melihat atau atau media yang lebih dahulu, ide yang menyesuaikan. dua gagasan ide ini diperlukan kreatifitas yang kuat karena ide atau gagasan menyesuaikan keadaan bahan ( media ) dan dapat menghasilkan benda seni yang di senangi dan bermanfaat bagi orang banyak.

Dari keterangan tersebut kita bisa menarik sebuah gagasan yang unik yang dimiliki oleh songkok. Songkok memeng hanya terbuat dari bahab yang sederhana dari kain beludru yang disulap menjadi benda seni yang disenangi dan bermanfaat bagi orang banyak. Itu semua karena kreatifitas yang dimilikinya yang merajut benang yang berharga nilai ekonomis.

Keunikan Tekhnik:

Teknik merupakan cara yang digunakan untuk dalam proses maembuat karya seni rupa. Teknik pembuatan dalam karya seni rupa terapan tradisional ( daerah setempat ) umumnya dikerjakan secara sederhana, buatan tangan ( handmade ) dan bantuan mesin sederhana.

Dalam pembuatan songkok ini memiliki teknik yang unik. disaaat membuat pola dan memberikan motif rajutan pada songkok. Kedua hal ini diperlukan ketelitian agar dapat memberikan hasil yang bersifat nilai ekonomi.

Perawatan yang digunakan dalam menjaga songkok agar tetap awet dan tidak ruask yaitu dengan cara jangan meletakkkan songkok di tempat yang berdebu agar songkok tetap bersih dan tetap terjaga keindahannya, disaat berkeringat pastikan anda melepaskan songkok karena kain beludru sangat mudah sekali untuk menyerap keringat sehingga keringat yang di serap akan menjadi putih, selain itu disaat anda mencuci songkokn jangan anda menjemur di tempat yang terlalu panas karena dapat mengakibatkan pudarnya warna pada songkok dan rajutan benang akan terkwlupas dan menjadi terputus.

Keterangan:

Seni terapan disebut pula seni kerajinan. seni terapan daerah setempat sering dikerjakan dengan cara atau teknik sederhana sekali. media ( bahan atau alat ) yang digunakan diambil dari daerah setempat.

Corak yang digunakn umumnya menunjukkan ciri kahas daerah setempat dan bersifat statis. itu-itu saja oleh karena itu kita dalam membuat karya seni rupa terapan berupa songkok misalnya. kita membutuhkan ide atau gagasan yang bersifat pengembangan dan inovasi ( pembahruan ) sehingga tecipta karya yang bercorak daerah, namun dalam bentuk kreasi yang baru.

Dengan demikian songkok khas Gresik akan tetap berjaya dan tidak akan terkalahkan dengan songkok khas manapun.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.